Selasa, 03 Mei 2016

Deskripsi Mata Kuliah Semester 2 (Mata kuliah Fakultas dan Universitas)

1.      MPK Bahasa Inggris (3 SKS; UIGE600003)
Mata Kuliah Bahasa Inggris Akademik bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa untuk menggunakan bahasa Inggris di lingkungan akademik. Mata kuliah ini bertujuan mengaktifkan bahasa inggris mahasiswa sehingga mereka dapat berkomunikasi secara efektif dalam bahasa inggris, mengembangkan strategi dan keterampilan belajar yang dibutuhkan untuk menyelesaikan studi mereka dengan baik dan terus belajar bahasa Inggris secara mandiri setelah mengikuti mata kuliah ini. Setetlah mengambil mata kuliah ini, mahasiswa dapat
1.      Menyimak, memahami dan mencatat informasi penting dalam sebuah kuliah yang panjangnya 5-10 menit;
2.      Meningkatkan kemampuan menyimak mererka melalui berbagai bahan menyimak dan prosedur yang berbeda;
3.      Berbicara dengan penuh percaya diri, mengajukan pertanyaan dan menyumbangkan pikiran dalam sebuah diskusi kelompok kecil;
4.      Menggunakan berbagai strategi membaca yang dibutuhkan untuk menjadi pembaca yang efektif;
5.      Meningkatkan keterampilan membaca mereka melalui kegiatan membaca yang ekstensif;
6.      Mengembangkan kemampuan menghubungkan ide-ide dengan menggunakan kata penghubung yang tepat;
7.      Bekerja sebagai anggota kelompok untuk menyiapkan dan memberikan sebuah presentasi yang berlangsung selama 25 menit dengan topik akademik yang memperhatikan organisasi, bahasa dan tampilan visual yang baik;
8.      Menulis rangkuman sebuah artikel akademik yang pendek;
9.      Menulis sebuah paragraph ekspositori;
10.  Menulis sebuah esai pendek.
Bahan ajar untuk mata kuliah ini diambil dari berbagai buku bahasa inggris dan disampaikan dengan menggunakan pendekatan komunikatif. Prinsip-prinsip belajar secara kolaborasi dengan menggunkana metode pemecahan masalah sebagai bagian terintegrasi dari mata kuliah ini. Mata kuliah ini untuk mahasiswa tahun pertama di semua fakultas di Universitas Indonesia.

***
Ya, merupakan salah satu mata kuliah tersulit di semester genap. Banyak isu yang muncul bahwa akan sangat sulit sekali untuk lulus matkul ini. Tidak jarang karena isu ini banyak mahasiswa yang akhirnya mengambil mata kuliah di semester-semester selanjutnya. Katakanlah jika mendapat nilai C saja sudah sangat bersyukur. Yang penting lulus dan gak ngulang.
Jangan dipercaya isu tersebut, walaupun kenyatannya memang benar. Hanya saja, saya sarankan untuk mengambil mata kuliah ini saat bersama teman-temanmu. Karena, akan sangat memalukan jika mengambil mata kuliah bersama junior. Malu-maluin euy :')))
Untuk nilai susah itu karena tergantung dosen dan usahamu. Alhamdulillah, di mata kuliah ini saya lulus dengan nilai yah tidak mengecewakan lah ya. \(^___^)/

2.      MPK Agama (2 SKS; UIGE600010-15)

***
Terkhusus mata kuliah ini merupakan mata kuliah dimana kamu bisa santai menghadapinya. Sungguh, dengan 1 jam kamu sudah bisa mendapatkan nilai lumayan memuaskan. Maksudnya, mata kuliah ini tidak sesulit mata kuliah lainnya. 
Pertama, ini merupakan mata kuliah yang berisi tentang pemaparan agama.
Kedua, kamu mengambil mpk agama sesuai dengan agama yang kamu anut.
Ketiga, kamu sudah mempeljarinya semenjak kamu kecil, sehingga tidak ada kesulitan yang berarti.
Keempat, mata kuliah ini hanya 2 sks.
Kelima, mata kuliah ini hanya sekitar 1 jam.
Keenam, rata-rata dosennya baik. Maka itu kamu akan dengan mudah mendatkan nilai yang baik pula.
Ketujuh, Mata kuliah ini hanya berisi presentasi.
Kedelapan, sekian dan terimakasih.

3.      MPK Terintegrasi B (6 SKS; UIGE600002)

*** 
1 Kata untuk mata kuliah ini, PENENTU.
Jika kamu mendapat nilai B atau C, maka selamat tinggal IP dan IPK di atas 3,5.
Bay bay bayy.
Karena saya mendapatkan hasil yang tidak memuaskan, maka saya menderita di semester selanjutnya. 
Ini merupakan salah satu mata kuliah Universitas, maka kamu wajib untuk mengikutinya. Jika kamu tidak lulus, maka kamu harus mengikutinya tahaun berikutnya. Seperti itu siklus tahunannya.
Banyak mahasiswa dari rumpun sosial-humaniora yang tidak menyukai mata kuliah ini, termasuk saya sendiri. rata-rata dosennya didatangkan dari rumpun ilmu alam, dan rumpun ilmu kesehatan. Beredar rumor yang ternyata memang benar bahwa mata kuliah dengan dosen dari RIK akan sangat sulit memberi nilai yang bagus. Jadi, selamat berjuang. 
*Menangis dan melambaikan tisu bekas mengelap ingus*

^^^
Hai, masih ada tiga mata kuliah yang belum dipaparkan di semster 2.
Tunggu kelanjutannya ya, karena ketiga mata kuliah ini sangat penting dan menentukan apakah kamu bisa mengikuti mata kuliah jurusan di semester selanjutnya. 

Bye Bey

Perempuan yang menyukai boneka Pororo


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Halo, untuk tambahan, dokumen serupa bisa dilihat di http://fib.ui.ac.id/download/buku-pedoman-akademik-sarjana-2014/ jadi nggak perlu nyalin ulang manual. Hehehe.