Sabtu, 16 Juli 2016

(Catatan Kecil 1) Grow Up, Will You?



Waktu berlalu dengan sangat cepat. Serius. Bahkan gua gak nyangka kuliah udah mau tahun ketiga dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan ketika bertemu keluarga berubah. Seriously. Dari yang tadinya nanti udah gede mau jadi apa pas lu baru bisa gambar dua buah gunung dengan matahari yang ada di bagian tengahnya dan awan-awan gede berwarna biru berubah jadi mau nerusin sekolah dimana, ranking berapa, gimana sekolahnya, guru-gurunya gimana, dan sekarang pertanyaan yang gua dapet saat bertemu dengan keluarga besar kemaren adalah udah punya pacar belom, kapan diajak ke rumah, kapan lulus, nanti abis lulus mau kerja apa. Like seriously, bahkan gua baru nginjek tahun ketiga dan umur gua bahkan belom 20 tahun. Demi jenggot merlin yang warna putih kayak uban. Akhirnya, jawaban terbaik gua adalah Doanya aja. Padahal dalam hati udah protes sesi tanya jawab tersebut berakhir.

Time flies so fast, dan ini beneran serius.

Dua hari kemarin gua baru sadar akan hal itu. Kesadaran itu menghantam gua ketika gua harus merelakan adik gua untuk menuntut ilmu di ujung provinsi sana, tepatnya di Jawa Timur. Padahal, gua baru kemarin ngelus-ngelus perut mamah gua yang isinya adalah dia, ngegendong dia, baju gua dipipisin sama dia pas gua lagi ngegendong dia karena mamah gua kerja, masakin makanan buat dia pas bapak gua dirawat dan mamah gua ngejaga bapak di rumah sakit, pakein tali sepatu dia, nyuciin baju seragam, beliin makanan kalo dia ngambek, nyuruh-nyuruh buat beliin gua jajanan yang ada di warung depan rumah, ngegendong dia gara-gara mau minta traktir bapak, nyariin dia pas maghrib karena dia belom balik ke rumah dan gua dimarahin, ngerawat dia gara-gara kesiram air panas, ngelonin dia pas dia mau tidur, dipegangin dia pas tahu gua mau balik ke kostan, dipanggil nama gua pas dia baru pulang sekolah, dan bantuin dia belajar soalnya dia males banget belajar. Dan gua sadar kalo adek gua udah gede dan sekarang harus mencoba belajar untuk menikmati jarak yang terbentang antara dia, mamah gua, dan kakak-kakaknya.

Jujur, berat buat ngerelain dia belajar disana. Like seriously, dia baru aja lulus SD dan umurnya bahkan belom genap 12 tahun. Gua sedih, Dia terlalu muda untuk belajar di kota yang sangat jauh dari rumah. Gua belum rela buat dia harus terpaksa mandiri di usia dia yang masih sangat muda, harus berjauhan dari mamah gua yang sebenernya selalu manjain dia, dia harus rela buat balik sekitar 6 bulan sekali atau dua kali. Gua merasa bahwa hal itu terlalu kejam. Walaupun, di luar gua mendukung keputusan mamah gua buat ngirim dia belajar disana.

Yah, waktu memang berlalu sangat cepat. Adek gua yang belum genap 12 tahun tapi udah harus jauh dari mamahnya, walaupun gua tahu dia pasti bisa. Lha wong di umur adek gua yang baru 7 tahun dia udah harus ditinggalin bapak dan dia tetep ngerasa bahwa bapak ada. Gua bahkan cuma pernah sekali ngedenger dia nanyain bapak dan itu dengan dia polosnya nanya ke gua kemana bapak dan kenapa bapak harus ada di dalam tanah. Poor you my dearest brother.

Huffth,

Walaupun berat, gua harap adek gua baik-baik aja. Mungkin bagi kakak yang lain akan mudah untuk berkomunikasi dengan adeknya dan mengungkapkan rasa sayangnya. Tapi, gua beda. Keluarga gua sih. Gua gak pernah denger siapapun di keluarga gua yang bilang mereka sayang, padahal gua tahu kok mereka sayang. Cuma, hal itu terlalu cheessy buat kami. Bahkan gua yakin banget kalo adek gua bakal jarang sms atau telpon mama gua kecuali minta transfer. iya, sifat adek gua mirip gua. Tapi, walaupun begitu dia masih anak-anak yang manjanya minta ampun.

Duh, kangen adek gua.

Semoga sukses ya, teteh doain yang terbaik buat aa. Belajar yang rajin dan cepet pulang nanti liburan lebaran haji. Hahaha. Sayang dan doa teteh buat aa.

Oh my God, gua merasa agak aneh setelah menuliskan kata itu.


3 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah gua kemaren juga pengen post tentang adek gua tapi belom kelar banget tulisannya.

Gila, keluarga lu nyari sekolah niat banget ya sampe rela jauh-jauh. Semoga sukses buat si bungsu. Semoga pulang bawa calon ade ipar buat lu.

Aci mengatakan...

Ngahahahaha. Mkasih atas doanya prit.
Iya, mamah gua setrong emang. Mau yang terbaik buat anaknya, walaupun anaknya ogah-ogahan.
Semangat juga nulisnya. Mau dong baca tentang adeknya. Heheu.

Adek gua baru mau masuk SMP, mana bawa calon ade ipar. Kalo sampe berani bawa dibacok dah sama mamah gua, :D

Anonim mengatakan...

Menikah muda itu sunnah nabi